Rabu, 18 Desember 2013

Memori Semikonduktor



Semikonduktor memori, bentuk perangkat penyimpanan data elektronik, biasanya digunakan untuk memori komputer, dan diimplementasikan ke sebuah semikonduktor berbasis sirkuit terpadu (IC). Ada banyak jenis perangkat yang menggunakan memori semikonduktor, termasuk memori flash (atau flash ROM), Read-Only Memory (ROM), dan magnetoresistive Random Access Memory (MRAM). Semua jenis memori semikonduktor memori non-volatile, artinya isi memori yang tersimpan dalam perangkat disimpan bahkan ketika komputer dimatikan. Memori volatile seperti Dynamic Random Access Memory (DRAM) atau Static Random Access Memory (SRAM) juga dapat menjadi semikonduktor berbasis. Perbedaan antara memori non-volatile dan volatile memori adalah bahwa yang terakhir harus memiliki aliran listrik konstan untuk menjaga informasi yang tersimpan.
Apa itu Memori Semikonduktor?

ROM adalah salah satu dari banyak jenis semikonduktor berbasis memori komputer yang hanya dapat dibaca dan tidak ditulis. Penggunaannya termasuk memiliki memori permanen tanpa aliran listrik dan keamanan data sensitif terhadap virus berbahaya. ROM menyimpan program yang umum dalam sistem komputer untuk ketersediaan konstan dan konsisten. Program yang paling banyak digunakan dan paling umum disimpan dalam ROM adalah Basic Input / Output System (BIOS) program. Hal ini dalam ROM sehingga komputer dapat boot sistem operasi.

Memori Flash, atau hanya flash, adalah jenis lain dari memori semikonduktor ditemukan di komputer serta ponsel pintar, MP3 player, Global Positioning System (GPS) perangkat, Universal Serial Bus (USB) drive dan kamera digital. Karena perangkat seperti ini yang portabel dan tunduk pada kehilangan daya listrik, memiliki memori flash bermanfaat karena setiap memori yang tersimpan akan disimpan dalam situasi apapun. Flash memori dapat menghapus blok seluruh data, bukan oleh byte individu, dan ditemukan dalam perangkat yang menggunakan aplikasi yang membutuhkan update konstan. Kartu memori dan USB drive menggunakan flash karena laju cepat mentransfer informasi dan kapasitas tinggi penyimpanan informasi. Perangkat ini juga dapat memiliki enkripsi hardware yang dibangun di untuk tujuan proteksi password.

Tipe lain dari memori semikonduktor adalah RAM, yang mudah menguap dan dapat keduanya ditulis dan dibaca. Ada berbagai jenis RAM, terutama SRAM dan DRAM. Kedua berbeda dalam bahwa menyimpan data sementara mantan tenaga listrik berjalan dan yang terakhir perlu penyegaran muatan listrik setiap beberapa milidetik. SRAM membutuhkan lebih sedikit daya dan lebih cepat daripada DRAM, tetapi mahal untuk membangun dan memiliki kapasitas penyimpanan kurang. DRAM memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan karena itu lebih umum digunakan untuk memori komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar