Minggu, 08 Desember 2013

pembayaran pemakaian Listrik




Public Class Form1
    Sub buattabel()
        With ListView1
            ListView1.Columns.Add("IDPE", 80, HorizontalAlignment.Center)
            ListView1.Columns.Add("Nama", 120, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.Columns.Add("tarif", 40, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.Columns.Add("bayar", 90, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.Columns.Add("BL/TH", 90, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.Columns.Add("total bayar", 90, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.Columns.Add("kembalian", 90, HorizontalAlignment.Left)
            ListView1.View = View.Details
            ListView1.GridLines = True
            ListView1.FullRowSelect = True
        End With
    End Sub


    Sub Isitabel()
        Dim x As New ListViewItem
        With x

            .Text = IDPEL.Text
            .SubItems.Add(NAMA.Text)
            .SubItems.Add(tarif.Text)
            .SubItems.Add(bayar.Text)
            .SubItems.Add(BL.Text)
            .SubItems.Add(total_byr.Text)
            .SubItems.Add(kembalian.Text)


        End With
        ListView1.Items.Add(x)
    End Sub


    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        IDPEL.Items.Add("120030501645")
        IDPEL.Items.Add("232455678889")
        IDPEL.Items.Add("642715372184")

        buattabel()
    End Sub


    Private Sub IDPEL_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles IDPEL.SelectedIndexChanged
        If IDPEL.Text = "120030501645" Then
            NAMA.Text = "Esra Handayani "
            tarif.Text = 11
            bayar.Text = 2000000
        ElseIf IDPEL.Text = "232455678889" Then
            NAMA.Text = "VANRIO"
            tarif.Text = 12
            bayar.Text = 1500000
        ElseIf IDPEL.Text = "642715372184" Then
            NAMA.Text = "andry"
            tarif.Text = 52
            bayar.Text = 2000000
        End If
    End Sub


    Private Sub simpan_ke_listview_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpan_ke_listview.Click
        Isitabel()
        IDPEL.Text = ""

        NAMA.Text = ""
        tarif.Text = ""
        bayar.Text = ""
        total_byr.Text = ""
        kembalian.Text = ""
    End Sub


    Private Sub proses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles proses.Click
        kembalian.Text = total_byr.Text - bayar.Text
    End Sub


    Private Sub Hapus_smua_data_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Hapus_smua_data.Click
        ListView1.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub Hapus_data_yang_dipilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Hapus_data_yang_dipilih.Click
        ListView1.Items.Remove(ListView1.SelectedItems(0))
    End Sub
End Class

Demikianlah program penyelesaian pembayaran pemakaian listrik menggunakan Visual Basic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar